7 Teknik Menggambar Bentuk dan Masing-masing Penjelasannya

Menggambar adalah kegiatan dalam membentuk imaji bersama menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Hasil dari menggambar ialah sanggup menciptakan suatu karya seni bersama memproses goresan dari alat-alat gambar.

Mengutip buku Seni Budaya SMP/MTs Kelas 7 oleh Sudaryati dan Boiman, kegiatan menggambar telah ditunaikan sejak zaman prasejarah. Kemudian pada 1400 M, seni ini meyebar ke seluruh negara di Eropa, seiring bersama pertumbuhan media gambar seperti kertas.

7 Teknik Menggambar Bentuk dan Masing-masing Penjelasannya

Untuk sanggup menghasilkan gambar yang menarik diperlukan keterampilan yang memadai. Selain itu, diperlukan pula rasa percaya diri, jujur, dan ikhlas, dikarenakan seni yang artinya ialah yang singgah dari hati.

Dalam menggambar bentuk, terdapat berbagai macam teknik yang sanggup diterapkan cocok kebutuhan, salah satunya teknik pointilis. Nah, bagaimana penjelasan berkenaan teknik pointilis dan teknik-teknik lainnya? Simak gambaran berikut.

Teknik Menggambar dan Penjelasannya

1. Teknik Pointilis

Pointilis adalah teknik menggambar wujud yang ditunaikan bersama menggunakan titik-titik secara berulang-ulang hingga membentuk suatu objek gambar. Untuk menghasilkan warna yang gelap, titik-titik dibuat bersama tebal dan rapat. Sedangkan, untuk warna terang, titik-titik dibuat secara renggang.

2. Teknik Arsir

Arsir adalah teknik menggambar wujud bersama langkah mengarsir menggunakan spidol, pensil, arang, bolpoin ataupun alat lain. Teknik ini ditunaikan bersama menggoreskan alat tulis secara saling menyilang. Tujuannya adalah supaya model yang digambar punya pencahayaan yang serupa.

3. Teknik Blok

Blok adalah teknik menggambar yang ditunaikan bersama menutup objek gambar menggunakan satu warna. Alhasil, kesan yang ditimbulkan cuman siluet dari objeknya saja, bukan sebuah objek yang detail. Alat yang diperlukan pada teknik ini ialah cat poster dan tinta bak.

4. Teknik Dussel

Teknik dussel atau gosok adalah teknik menggambar bersama menggosok media gambar hingga keluar pengaruh gelap terang. Biasanya, teknik ini diterapkan selagi menggambar wajah manusia ataupun benda-benda lainnya. Menggosok sanggup ditunaikan bersama menggunakan tangan atau kapas. Alat yang digunakan kebanyakan adalah pensil.

5. Teknik Garis/Linear

Teknik garis atau linear adalah teknik teknik menggambar berbentuk rusuk-rusuk yang tertata sedemikian rupa hingga membentuk gambaran objek yang diinginkan. Teknik ini ditunaikan bersama menggambar garis secara lurus ataupun melengkung. Untuk memilih warna gelap dan terang, pelukis sanggup menggambar garis secara menyilang atau sejajar.

6. Teknik Plakat

Plakat adalah teknik menggambar wujud atau teknik lukis yang mengandalkan sapuan cat yang lebih tebal. Teknik teknik dalam menggambar ini ditunaikan bersama menggunakan cat poster atau cat air. Gambar yang dihasilkan bakal keluar tebal, pekat, dan rapat.

7. Teknik Aquarel/Sapuan Basah

Aquarel atau sapuan basah adalah teknik menggambar menggunakan campuran cat poster, cat air atau tinta sebagai alat gambar. Teknik ini sengaja menggunakan media yang basah supaya hasil gambarnya sanggup transparan dan catnya sanggup cepat menyebar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

https://sites.google.com/view/ctmastarformation3/schedule https://sites.google.com/view/prem-ventures-nsf-seed-grant/ https://sites.google.com/view/uptownchristmastrees/ https://sites.google.com/view/schev-tempsite/home https://sites.google.com/view/worldbankspringmeeting/ https://sites.google.com/view/a-systems-approach-to-biology/ https://sites.google.com/view/a-systems-approach-to-biology/ https://tractgames.weebly.com/ https://parmatours.weebly.com/ https://qsoftmart.weebly.com/ https://focushub.weebly.com/ https://agmyrekstem.weebly.com/ https://mikebaginy.weebly.com/ https://freedomofthefringe.weebly.com/ https://paveyourlane.weebly.com/ https://midnightstudios.weebly.com/